ShoutMix chat widget

Konsep Dasar Jaringan Broadband

Jan 1, 2011


Secara umum, Broadband dideskripsikan sebagai komunkasi data atau prosses  pengiriman yang memiliki kecepatan tinggi, kapasitas tinggi menggunakan DSL, Modem kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W-Lan, V-Sat dan sebagainya. Rentang kecepatan layanan Broadband bervariasi dari 128 Kbps samapi dengan 100Mbps. Tidak ada defenisi internasional spesifik untuk Broadband.
Jalur Lebar atau pita lebar (bahasa inggris : Broadband ) merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan konekasi transmisi data berkecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan Kabel model yang mampu mentransfer 512 kps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telpon standar.
Dalam draft RPM penata pita frekuensi radio untuk keperluan layan akses pita lebar berbasi nirkabel (Broadband Wireless Access) diusulkan defenisi Broadband adalah Layanan telekomunikasi nirkabel yang memiliki kemampuan kapasitas diatas kecepatan data primer “2 Mbps” (E1) sesuai ITU-R F.1399-1.
Faktor Pendorong BroadbandUntuk Pemerintah yaitu Broadband dilihat sebagai infekstur penting untuk mencapai tujuan-tujuan pemerintah dibidang sosial ekonomi. Dan untuk mendorong peyedian layanan publik seperti E-governace, E-Learning, Tele-medicine.

 
Designed by Alan Hardi | Mahasiswa STMIK Handayani by Teknik Informatika 09